Minggu, 13 Oktober 2013

RESENSI BUKU

RESENSI BUKU
Judul                : Menjelajah Lautan
Pengarang        : Dewi Yuliana Astuti
Penerbit           : PT Sarana Panca Karya Nusa
Tahun              : 2009
Tebal buku      : 64 Halaman
Ukuran                        : 25cm x 17,6 cm
ISBN                : 978-979-678-398-4
            Perlu diketahui dua pertiganya dari bagian bumi ini adalah wilayah lautan, lautan yang luas saling menyambung menjadi kesatuan. Dibagian dasar lautan jua merupakan daerah sangat bervariasi, seperti terdapatnya jurang, gua, daratan berpasir, bebatuan, hingga lembah dan gunung. Didalamnya  juga hidup berbagai jenis makhluk hidup, mulai dari tanaman dan binatang satu sel contohnya plankton, hingga tumbuhan dan binatang raksasa seperti ikan paus. Oleh karena itu dengan adanya buku MENJELAJAH LAUTAN kita dapat mengetahui apa-apa saja yang ada dilautan.
            Di dalam buku ini terdapat 4 BAB, yaitu bab kesatu berjudul Mengenal Lautan, bab kedua berjudul Kehidupan di Laut, bab ketiga berjudul Keluarga Ikan, dan bab terakhir berjudul Mengenal Aneka Kehidupan Laut. Penyajian kata dari buku ini mudah dimengerti oleh para pembaca apalagi disertai dengan gambar-gambar makhluk hidup didalam Lautan sehingga pembaca tidak akan dibuat bingung bagaimana bentuk makhluk hidupnya. Buku ini mengajak kita untuk mengetahui kehidupan makhluk hidup di lautan, yaitu seperti mengenali bentuk-bentuknya, cara beradaptasi dengan lingkungannya, cara mencari makan, cara berkembang biak, serta ilmu lainnya yang dapat kita dapatkan.
            Keunggulan dari buku ini cukuplah banyak, seperti pada bagian depan sampul itu sudah terlihat menarik gambarnya dan sesuai dengan judul, kemudian dari kandungannya sebelum menjelaskan berbagai macam jenis kehidupan dilaut kita diajak dahulu untuk mengenal lautan atau macam-macam samudera beserta letaknya didunia. Lalu kelebihan lainnya pada buku ini juga menyajikan berbagai macam makhluk hidup di dalam lautan beserta dengan gambar dan penjelasannya.
            Dari setiap kelebihan pasti ada kekurangan seperti halnya pada buki ini ada sebagian kekurangan yaitu pada bagian sampul belakang buku itu terlalu polos alangkah baiknya jika diberi gambaran mengenai isi kandungannya. Kekurangan lainnya adalah ketidak efektipan BAB, pada bab kedua diberi judul Kehidupan laut, BAB terakhir diberi judul Mengenal Aneka Kehidupan Laut, seharusnya kedua BAB ini disatukan karena pembahasanya masih sama atau dijadikan BAB yang berhimpitan.
            Pesan saya buku ini memanglah pantas untuk dibaca oleh semua khalayak karena buku ini sangat bermanfaat. Melalui buku ini kita dapat mengenali lautan dan beberapa jenis kehidupan di dalamnya agar menyadarkan bahwa masih banyak kekayaan dasar laut yang perlu digali dan dimaanfaatkan serta di lestarikan untuk kepentingan bangsa indonesari 

Resensiator : Allen Anastikasari PN

Maaf jika karya saya kurang bagus :(
silahkan jika ada yang ingin mengoreksi atau menambahkan ? :)
                                                                                                                                                                   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar